Konseling Individual

Pada tahapan-tahapan konseling individual ini yaitu mengunkan tahapan-tahapan konseling berpusat pada person dan Menurut Corey (1988) Tahapan-tahapan konseling berpusat pada person ini di bagi menjadi empat tahapan yaitu :

  1.  Tahap pertama : klien datang ke konselor dalam kondisi tidak kogruensi, mengalami kecemasan atau kondisi penyesuain diri yang tidak baik.
  2. Tahap kedua : saat klien menjumpai konselor dengan penuh harapan dapat memperoleh bantuan, jawaban atas permasalahan yang sedang dialami, dan menemukan jalan atas kesulitan-kesulitannya. Perasaan yang ada pada klien adalah ketidakmampuan mengatasi masalah hidupnya.
  3. Tahap ketiga : pada awal konseling klien menunjukan prilaku, sikap, dan persaan yang kaku. Dia menyatakan permasalahan yang dialami kepada konselor secara permukaan dan belum menyetakan pribadi yang dalam. Dengan kondisi yang diciptakan konselor kondusif dengan sikap empati dan penghargaan, konselor terus membantu klien untuk mengeksplorasi dirinya secara lebih terbuka. Jika hal ini berhasil maka klien mulai menunjukan sikap yang lebih menyatakan diri yang sesungguhnya.
  4. Tahap keempat : inilah klien mulai menghilangkan sikap dan prilaku yang kaku, membuka diri terhadap pengalamannya,dalam belajar untuk bersikap lebih matang dan teraktualisasi, dengan jalan menghilangkan pengalaman yang didistrosinya

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d blogger menyukai ini: